search-gray
Minggu, 18 April 2021

Sambangi Lima Lokasi, Dirkrimsus Polda Metro Beberkan Peran Penting KTJ

Selasa, 16 Februari 2021

Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah Lubis saat mengunjungi kampung Tangguh Jaya di Kecamatan Pancoran.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah Lubis melakukan peninjauan lima lokasi Kampung Tangguh Jaya yang ada di wilayah Jakarta Selatan, Senin (15/2/2021).

Safari jajaran Polda Metro Jaya di lima lokasi ini dimulai dari Kampung Tangguh Jaya RW 08 Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan. Kemudian, rombongan bergerak ke RW 03 Kelurahan Pancoran dan RW 08 Kelurahan Kalibata, Jaksel.

Selanjutnya, rombongan bergerak ke Kampung Tangguh Jaya RW 08 Kelurahan Lenteng Agung dan RW 08 Kelurahan Pesanggrahan. Kedua lokasi masih berada di Wilayah Jaksel.

Selain memaparkan terkait pentingnya peran Kampung Tangguh Jaya di tengah masyarakat, Dirkrimsus Polda Metro Jaya juga mensosialisasikan protokol kesehatan 4M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan).

"Maksud dan tujuan didirikannya Kampung Tangguh Jaya untuk mengkoordinir seluruh stakeholder bagaimana kita bisa menekan angka Covid-19," ungkap Kombes Auliansyah kepada wartawan.

Aulia mengatakan, langkah koordinasi yang dapat dilakukan dalam penanganan Covid-19 salah satunya memfasilitasi tempat isolasi mandiri bagi warga yang positif corona.

"Misalnya jika ada warga yang OTG mungkin bisa kita isolasi mandiri atau mungkin yang bersangkutan ada gejala tapi sedang, kita bisa membantu merujuknya ke rumah sakit," tuturnya.

"Namun, dengan adanya posko Kampung Tangguh Jaya keluarga yang kepala keluarganya dirawat bisa dibantu dengan memberikan beras atau bahan pangan lainnya. Sehingga keluarga yang dirumah terjamin kecukupannya," sambungnya.

Di sisi lain, Lurah Pancoran Isno Usnodo mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Polda Metro Jaya dan jajarannya. Ia menyebut Kampung Tangguh RW ini merupakan kolaborasi dan ikhtiar bersama TNI-Polri dalam menekan penyebaran virus corona.

"Meski Kecamatan Pancoran dinyatakan zona merah, tapi hal ini justru memicu masyarakat lebih aware. Inisiatif Kampung Tangguh Jaya ini diimbangi semangat warga untuk mencegah penyebaran Covid-19," tukas Isno.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan Ditreskrimsus KTJ ini merupakan penjabaran perintah dari Kapolda Metro Jaya.

Sebagai informasi, program Kampung Tangguh Jaya ini merupakan inisiasi dari Kapolda Metro Jaya dan dilaksanakan bersama Pangdam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta.

Seperti yang disampaikan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran bahwa pekerjaan menuntaskan Covid-19 menjadi tuntutan tugas kepolisian di masa pandemi saat ini. 

"Pekerjaan Covid menjadi tuntutan tugas kepolisian terkini karena negara kita sedang dilanda pandemi. Jadikan sebuah peluang untuk mendekatkan diri ke masyarakat karena Polri merupakan tulang punggung harapan masyarakat," ujar Irjen Fadil.

Sumber : pmjnews.com