search-gray
Sabtu, 31 Oktober 2020

Layanan Unggulan

Polres Metro Jakarta Barat

Empathy Building

Peduli kepada masyarakat yang membutuhkan pada masa Pandemi COVID-19, Polres Metro Jakarta Barat menggagas Program Empathy Building, Warteg Peduli, Dispenser Beras dan Kampung Merdeka. Kegiatan Empathy Building digagas sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Barat yang terdampak kesulitan ekonomi akibat Pandemi Corona.

Dispenser Beras

Dispenser beras dibuat khusus selama masa Pandemi Corona untuk membantu warga yang terdampak kesulitan ekonomi. Dispenser beras berkeliling menyasar rumah warga di sekitar wilayah hukum Polres Metro Jakarta Barat yang membutuhkan.

Warteg Peduli

Warteg Peduli adalah kegiatan untuk membantu para penjual makanan warteg dengan memborong makanannnya untuk diberikan kepada pengendara ojek online dan warga sekitar yang membutuhkan.

Tetangga Peduli

Tetangga peduli adalah sebuah kegiatan gotong royong memberikan bantuan sosial dari masyarakat berekonomi mampu membantu tetangganya yang berekonomi tidak mampu saat Pandemi COVID-19 melanda.

Kampung Merdeka

Kampung Merdeka COVID-19 adalah sebuah contoh pemukiman masyarakat yang sudah dinyatakan bebas COVID-19. RW 05 Tanjung Duren Utara merupakan pemukiman pertama di Jakarta Barat yang dinyatakan bebas dari virus COVID-19 dan sudah menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Kampung Merdeka hasil gagasan dari Tiga Pilar Kota Administrasi Jakarta Barat yakni Walikota, Kapolres, dan Dandim 0503. Diharapkan Kampung Merdeka dapat menjadi inspirasi kampung lainnya, agar dapat memutus rantai penyebaran virus corona.


Polres Metro Jakarta Selatan

Jabat si Doel COVID-19

Jakarta Hebat Siaga Daerah Penanggulangan COVID-19, program ini untuk membuat suatu daerah yg tadinya berada di zona merah paparan virus corona menjadi zona hijau aman bebas dari virus corona


Polres Metro Tangerang Kota

Kampung Sehat

Kampung Sehat adalah sebuah Inovasi Polres Metro Tangerang Kota dalam rangka percepatan penanganan Pandemi Corona di Kota Tangerang dengan menerapkan standar Protokol Kesehatan COVID-19 di lingkungan pemukiman warga

Data Sebaran Kampung Sehat :

  1. Kampung Sehat Talas (Polsek Karawaci), di Asrama Polri Pasar Baru RT 003 RW 004 Pasar Baru Karawaci, Kota Tangerang – Banten

     

  2. Kampung Sehat Kunciran (Polsek Cipondoh), di RW 01 Jl. Semeru Raya Perum Kunciran Mas Permai Kelurahan Kunciran Indah Kecamatan Pinang, Kota Tangerang-Banten


Polres Metro Tangerang Selatan

Kampung Jawara

Kampung Jawara Tangsel berlokasi di Pondok Aren dan Legok adalah sebuah inovasi dalam hal pemberdayaan warga sekitar untuk mengembangkan potensi wilayahnya yang dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga di lingkungan tersebut.

Adapun Kampung Jawara Tangsel memiliki layanan dalam hal edukasi, kesehatan, sosial ekonomi, keamanan, serta sebagai wadah kreatifitas dan demokrasi warga.

Kegiatan program Kampung Jawara Pondok Aren meliputi :

  1. Lumbung Pangan

  2. Perikanan

  3. Perkebunan

  4. Keamanan

  5. Kesehatan

  6. Demokrasi

  7. Perpustakaan

Produk yang sudah dihasilkan dalam Kampung Jawara adalah :

  1. Pabrik Kerupuk dengan jumlah pekerja sekitar 60 orang

  2. Industri rumahan sandal jepit, pembuatan makaroni, dan Pemancingan

Kampung Jawara Legok memiliki layanan unggulan :

  1. Pertanian

  2. Peternakan

  3. Perkebunan

  4. Keamanan

  5. Kesehatan

  6. Sarana Ibadah


Polres Kepulauan Seribu

Kampung MAS Darwis

Pendirian Kampung MAS Darwis ( Masyarakat Sehat Sadar Wisata) yang digagas oleh Polres Kepulauan Seribu bekerjasama dengan perangkat daerah Lurah, POL PP, FKDM, RT/RW guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 menjelang dibukanya kembali destinasi wisata Kepulauan Seribu. Masyarakat di Kepulauan Seribu khususnya di Pulau Tidung menerapkan hidup bersih dan disiplin terhadap protokol kesehatan dan menjadi contoh bagi wisatawan yang datang, untuk menerapkan protocol kesehatan COVID-19.

Protokol Kesehatan COVID-19 yang diterapkan di Kampung MAS Darwis :

  1. Menyediakan Sarana Cuci Tangan

  2. Anjuran Selalu Memakai Masker

  3. Cek Suhu Tubuh

  4. Menjaga Jarak (Physical Distancing)

  5. Menjaga Kebersihan Lingkungan, Tempat Ibadah, dan Lokasi Wisata


Polres Metro Bekasi Kota

Kampung Siaga

Bekerja Dengan Ihsan, Masyarakat Sehat dan Produktif

1. RW 22 Kel. Harapan Indah Polsek Bekasi Kota. Bhabinkamtibmas Aiptu Kuzairi

2. RW. 26 Kel. Pekayon Jaya Polsek Bekasi Selatan. Bhabinkamtibmas. Aiptu Mohtar


Polres Metro Bekasi Kabupaten

Mang Jaka “Masyarakat Nyang Jaga Kampung”

Polresto Bekasi bersama TNI, Pemda dan Warga melakukan penanganan penyebaran Virus COVID-19 dengan prinsip gotong royong menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di lingkungan RW 05 Desa Telaga Murni, Cikarang Barat. Program Mang Jaka mengajak masyarakat untuk bersama menjaga kondusifitas Kamtibmas masyarakat dari ancaman bahaya dan penyebaran COVID-19 sehingga masyarakat bisa tetap produktif ditengah Pandemi.

 

Model Penerapan “Mang Jaka”

Satgas Ekonomi

Satgas Pangan

Satgas Kesehatan

Satgas Keamanan Satgas Sosial

 

RW 05 Terdiri dari 8 RT dan terbagi dalam RT Tematik

RT 1. Cinta kebugaran dan seni budaya

RT 2. Sentra kampung buah

RT 3. Sentra rumah belajar dan hidroponik

RT 4. Sentra kerajinan tangan daur ulang limbah keluarga

RT 5. Kampung pelangi

RT 6. Sentra ketahanan pangan dan mural

RT 7. Sentra Budidaya lele

RT 8. Senta kampung Toga

Masyarakat RW 05 sangat peduli dgn keamanan, kesehatan, pendidikan dan ketahanan pangan secara Swadaya dan kesadaran dr warganya.


Satgas Rehabilitasi COVID-19


Sebuah layanan konseling dari Biro Sumber Daya Manusia Polda Metro jaya untuk konsultasi pasca trauma setelah menjalani penugasan dalam penanganan COVID-19 bagi Anggota Polri , dan bagi masyarakat yang mengalami gejala mirip dengan COVID-19. Dalam layanan konseling anggota maupun masyarakat dapat berkonsultasi secara online dengan 3 Subsatgas Psikologi, Binmas dan Dokkes. Layanan konseling ini berlangsung selama masa Pandemi Corona dari bulan Maret dan masih berlangsung hingga saat ini.


Kegiatan KRYD SAT Brimob


Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan pelaksanaan patroli terhadap Pospam check point PSBB (Pembatasan sosial berskala besar) , sentra ekonomi dan sentra obyek vital yang dilaksanakan dengan menggunakan sistem zonasi di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya yang terdiri dari 5 Zona diantaranya :

  • Zona 1 dilaksanakan oleh Batalyon A Pelopor
  • Zona 2 dilaksanakan oleh Batalyon B Pelopor
  • Zona 3 dilaksanakna oleh Batalyon C Pelopor
  • Zona 4 dilaksanakan oleh Batalyon D Pelopor
  • Zona 5 dilaksanakan oleh Detasemen Gegana

Terlaksananya kegiatan patroli yang ditingkatkan merupakan bentuk antisipasi penyebaran COVID-19 ditengah arus mudik dan persiapan memasuki tatanan kehidupan kenormalan baru (New Normal) dengan tetap memperhatikan protokol pecegahan covid-19.

 Tujuan

  • Terciptanya rasa aman terhadap masyarakat pasca Ops Kepolisian terpusat “Ketupat Jaya 2020” dan Status New Normal
  • Meningkatkan rasa peduli Kesehatan untuk tetap memperhatikan protokol pencegahan covid-19 pada masyarakat setelah adanya penetapan status new normal.